5 Serial India Terbaik di Indonesia

Dibuat di Canva


Namate! (Salam!)


India adalah negara yang memproduksi serial televisi dalam jumlah yang banyak setiap tahunnya. Kalau kamu yang suka nonton serial ini, pasti sudah familiar sama tarian, jenis-jenis lagunya, dan yang pasti pemerannya. Pada kesempatan kali ini, Yos akan membagikan 5 serial India terbaik versi blognyayosia. Tentunya serial India yang tayang di Indonesia ya.


1. Uttaran

Gambar pembukaan Uttaran (via en.wikipedia.org)

Tung.. tara.. tung.. tara.. tung..


Masih ingat lagu di atas? Atau lebih tahu yang ini:


Piya o re piya..


Hahaha, kedua lagu tersebut ada di serial Uttaran. Kalau mau dengar yang Piya O Re Piya, klik disini. Serial ini diproduksi Colors TV dari tanggal 1 Desember 2008 sampai 16 Januari 2015. Di Indonesia, Uttaran dapat dinikmati di stasiun televisi Antv sejak 21 September 2015 sampai 18 September 2016.


Jumlah episodenya panjang banget, kira-kira lebih dari 1500 episode di India, tapi waktu tayangnya dikisaran 20-25 menit. Jadi, kalau di Indonesia, sekali tayang (pernah sampai 3 jam sehari), beberapa episode ada yang di gabung sekaligus.


Uttaran menceritakan tentang gadis dari seorang pembantu miskin yang bekerja di rumah orang kaya. Gadis kecil ini bernama Ichcha (Sparsh Khanchadani), ia suka bermain dengan gadis dari keluaraga orang kaya tersebut, namanya Tapasya (Ishita Panchal). Walaupun mereka dekat, Ichcha terkadang dijadikan kambing hitam oleh Tapasya. Mereka tumbuh besar bersama.

Masalah yang dialami tokoh-tokoh di atas juga beragam, mulai dari kematian ayah Ichcha akibat ditabrak Tuan Jogi Thakur (Ayub Khan), hingga perceraian para tokoh dalam cerita. Alur ceritanya yang panjang, membuat terkesan acara ini terkesan lama. Mungkin, orang tua kalian lebih tahu. 😁


2. Anandhi (Balika Vadhu)

Anandhi atau Balika Vadhu (via Voot)

Merupakan serial terpanjang di India dengan jumlah hingga 2500 episode. Pertama kali tayang di Colors TV tanggal 1 Desember 2008 sampai 31 Juli 2016. Di Indonesia sendiri ditayangkan di Antv sejak 15 Maret 2016 sampai sekarang. 


Anandhi sendiri menceritakan tentang akibat dari pernikahan dini di India. India merupakan salah satu negara yang masih memiliki budaya pernikahan dini. Anandhi muda (Anandi Singh) dipaksa menikah dengan Jagdish (Avinash Mukherjee) karena keluarganya tidak mampu membiayai hidupnya dan adik-adiknya. Jagdish sendiri merupakan anak dari Bhairon (Anup Soni) dan Sumitra (Smita Bansal) yang merupakan keluarga terpandang di Rajashtan. 


Anandhi muda (Pratyusha Banerjee/Toral Rasputra) harus berjuang dalam hidupnya, mulai dari mendapatkan tekanan nenek Jagdish (Shashank Vyas) hingga perjuangan menjadi istri Jagdish. 


3. Veera (Ek Veer Ki Ardaas… Veera)

Veera (via Star TV India)

Tayang di Star Plus sejak 29 Oktober 2012 sampai 8 Agustus 2015, sementara di Indonesia ditayangkan di ANTV. Di India sendiri, jumlah episodenya mencapai 805 episode.

Serial ini menceritakan tentang keinginan seorang anak kecil bernama Ranvijay (Bhavesh Balchandani) yang menginginkan seorang adik perempuan, hingga ia mencuri adik di rumah sakit. Akhirnya, ia mendapatkan adik dari hasil hubungan gelap istri kedua ayahnya yang kemudian meninggal dunia. Ranvi menamai adik perempuannya Veera (Harshita Ojha). 

15 tahun kemudian, ketika Ranvi dan Veera sudah dewasa, mereka jatuh cinta. Veera jatuh cinta dengan Karan (Ankit Bathla), walaupun Karan hanya mencari karier saja, sementara orang yang dicintai Ranvi, yaitu Gunjan (Farnaz Shetty), sudah menikah dengan orang lain. Nantinya, Veera akan memiliki belahan hidupnya yang baru, namanya Baldev (Vishal Vashishtha).

4. Thapki (Thapki Pyar Ki)

Thapki (via Colors TV)

Pertama kali ditayangkan tanggal 25 Mei 2015 di Colors TV India, serial ini menceritakan tentang gadis yang bernama Thapki (Jigyasa Singh). Thapki adalah orang yang gagap. Acara ini kemudian tayang di Antv mulai tanggal 18 Juli 2016.

Walaupun Thapki adalah orang yang gagap, namun ia termasuk cerdas. Ia pun ingin dinikahi oleh Dhruv (Ankit Bathla) yang merupakan pemilik stasiun televisi News 365 -tempat bekerjanya Thapki. Selain Dhruv, ia juga dicintai oleh Bihaan (Manish Goplani).

5. Lonceng Cinta (Kumkum Bhagya)

Lonceng Cinta (via Indowarta)

Lonceng Cinta adalah serial India yang pertama kali tayang di Zee TV sejak 15 April 2014. Acara ini memliki 670 episode. Tayang di Antv sejak 5 September 2016. 

Serial ini mengisahkan tentang kisah cinta anak Sarla (Supriadi Shukla). Ia merupakan seorang Punjabi yang memiliki anak bernama Pragya (Sriti Jha) dan Bulbul (Mrunal Thakur). Pragya memiliki suami bernama Abhi (Shabbir Ahluwalia), sementara Bulbul menikah dengan Purab (Arjit Taneja).

Sekian serial yang saya bahas. Mungkin banyak yang bingung, kok Yos ga bahas serial India selain di Antv? Saya nggak bahas selain yang di Antv, karena saya nggak nonton serialnya, jadi saya nggak tau sinopsisnya. Tapi yang di Antv juga bagus, kokDhanyavaad! (Terima kasih!)

Sumber

  1. Editor Wikipedia Bahasa Indonesia, “Uttaran”, https://id.wikipedia.org/wiki/Uttaran, 2 Juni 2017.
  2. Editor Wikipedia Bahasa Indonesia, “Anandhi”, https://id.wikipedia.org/wiki/Anandhi, 2 Juni 2017.
  3. Editor Wikipedia Bahasa Indonesia, “Veera (serial TV)”, https://id.wikipedia.org/wiki/Veera_(serial_TV), 2 Juni 2017.
  4. Info Sinopsis, “Sinopsis Veera Episode 1-Terakhir”, http://www.infosinopsis.com/2016/01/sinopsis-veera-episode-1-terakhir.html, 2 Juni 2017.
  5. Editor Wikipedia Bahasa Indonesia, “Thapki”, https://id.wikipedia.org/wiki/Thapki, 2 Juni 2017.
  6. Editor Wikipedia Bahasa Indonesia, “Lonceng Cinta”, https://id.wikipedia.org/wiki/Lonceng_Cinta, 2 Juni 2017.

Advertisements

One thought on “5 Serial India Terbaik di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s