Agustusan (1)

Agustusan 1
Dibuat di Canva

Agustusan adalah nama lain dari perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Biasanya, dalam Agustusan ini, orang Indonesia sangat antusias. Mulai dari pasang bendera beberapa minggu sebelumnya, ikut lomba-lomba, bahkan karnaval.

Persiapan sebelum karnaval (Dokumen pribadi)
Karnaval Kelurahan Cibogo Tengah (Dokumen pribadi)

Aku seneng banget kalau ada acara ini. Kalau dulu, aku pernah ikut lomba makan kerupuk, padahal giginya lagi sakit, jadilah kerupuknya ada bekas darahnya. Karnavalnya juga asik. Di karnaval ini, kita bisa pakai baju apa saja, mulai dari pakaian adat, baju pramuka/polisi/tentara, bahkan sampe pakai daster aja juga bisa. Pokoknya, gila-gilaan. Nantinya, peserta akan keliling-keliling.

Lomba makan kerupuk, tapi kerupuknya udah habis (Dokumen pribadi)

Acara ini hanya dilaksanakan satu tahun sekali. Sama seperti negara lainnya yang punya acara kemerdekaannya yang juga dilaksanakan setahun sekali. Misalnya, parade saat Canadian Day (1 Juli), hari kemerdekaan A.S (4 Juli), dan National Day Parade di Singapura (9 Agustus). Acaranya juga meriah, tapi sayang belum pernah lihat langsung.

Kalau di tempat tinggalku, tiap tahun ada lomba-lomba. Biasanya yang ikut malah anak-anak. Ada lomba makan kerupuk, mindahin kelereng (kaleci/gundu) pake sendok, dan yang pasti masukin sumpit ke botol. Sayangnya, lomba yang tahun ini kurang meriah. Tapi, peserta paradenya pake baju yang menarik, jadi setidaknya masih bisa mengobati rasa rinduku. Untuk tahun ini, aku udah nggak ikut lomba sama karnival lagi, udah males.

Panjat pinang (Dokumen pribadi)

Waktu aku kecil, lombanya jauh lebih meriah. Ya, soalnya masih dimeriahin sama aa dan teteh yang sekarang udah kerja. Terus, waktu parade sampe ada aa yang jadi waria. Wah, heboh deh pokoknya.

Oh ya, yang beda dari Agustusan kali ini adalah, aku ikut upacara bendera di sekolah. Kalau dulu, upacara Agustusan biasanya diadain sesudah tanggal 17 Agustus. Tapi, untuk sekarang, upacara diadain pas tanggal 17 nya. Ada juga karnival dari kelurahan lain yang nggak kalah unik sama di lingkungan rumahku.

Bagaimana Agustusan kalian?

-Yos-

Advertisements

One thought on “Agustusan (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s