Tentang Filipina

Tentang Filipina
Dibuat di Canva

Magandang gabi! Kamusta ka? (Selamat malam! Apa kabar?)

Aku nggak akan cerita tentang kondisi geografis Filipina ya, tapi yang aku mau bahas adalah kesukaanku terhadap negara ini. Penasaran?

Jadi, aku mulai mengenal Filipina dari teleserye (drama Filipina) yang berjudul Pangako Sa’ Yo. Aku memang penggemar drama-drama, mulai dari drama Korea (dulu tapi), drama India, drama Turki, dan tentunya drama Filipina.

Oh ya, sebelumnya, aku juga sudah mengenal Filipina melalui nama-nama presidennya. Sebut saja Ferdinand Marcos dan istrinya Imelda Marcos, Corazon Aquino (presiden perempuan pertama Filipina juga merupakan istri dari Benigno Aquino Jr. yang terpilih setelah Marcos lengser), Gloria Macapagal-Arroyo (presiden perempuan kedua Filipina), dan tentunya, Rodrigo Duterte. Ya, ini cuma sekedar tau namanya aja, aku nggak terlalu memperdalam tentang mereka.

Kembali ke drama. Jadi, aku suka drama Filipina karena budayanya hampir mirip dengan Indonesia, nama tokohnya seperti nama orang Spanyol, dan tentunya artisnya yang cantik dan ganteng. Kalau di Pangako Sa’ Yo, aku suka sama Daniel Padila, Kathryn Bernardo, dan Ian Verenacion.

Pangakosayo2015-titlecard
Pangako Sa’ Yo (via Wikipedia)
on-the-wings-pinterest
On The Wings of Love (via Indowarta)

Ada lagi satu drama yang aku tonton, yaitu On The Wings of Love. Pemain utamanya adalah James Reid dan Nadine Lustre. Dari segi cerita, aku lebih faham sama yang On The Wings of Love.

Kalau soal pariwisatanya, Filipina punya banyak pilihan. Mulai dari Boracay di Utara, SM Mall of Asia di Pasay, Makati City (CBD yang mirip New York), Istana Malacañang, Larsian BBQ di Cebu, dan masih banyak lagi.

10-25-2005_JVBA_Makati_Skyline
Makati City, Manila (via Wikipedia)

Filipina juga dikenal sebagai negara yang tangguh, karena hampir tiap tahunnya negara ini mengalami gempa bumi dan badai. Walaupun begitu, rasanya mereka sudah terlatih oleh keadaan seperti itu. Bahkan, menurut salah satu sumber berita (aku lupa dari mana), Kota Manila adalah kota yang beresiko tinggi untuk ditinggali nomor dua di dunia setelah Tokyo, Jepang.

Filipina juga punya banyak budaya yang unik. Misalnya, tentang alat transportasi. Di Indonesia, kita mengenal angkot atau pete-pete. Nah, kalau di Filipina, ada alat transportasi yang mirip dengan angkot, yaitu jeepney. Yang berbeda adalah cara pembayarannya. Kalau di Indonesia, kita membayar uang angkot setelah sampai ke tujuan, sementara kalau di Filipina, kita membayar uang jeepney sebelum kita sampai ke tujuan. Cara membayarnya, para penumpang akan mengoper uang dari penumpang yang paling belakang sampai ke penumpang yang dekat supir.

Sebenarnya, aku belum pernah langsung ke Filipina. Bahkan, keluar pulau Jawa saja belum 😦 . Tapi, dengan adanya internet dan buku bacaan tentang Filipina, aku jadi tau tentang negara kepulauan ini. Akhir kata, saya ucapkan salamat po!

Apakah kalian juga suka Filipina?

-Yos-


Tentang Dunia:

  1. Tentang Filipina
  2. Tentang Irlandia
  3. Tentang Selandia Baru
  4. Tentang Jerman
  5. Tentang Swedia
  6. Tentang Turki
5 thoughts on “Tentang Filipina

  1. Halo, Yos…Senang bisa membaca tulisanmu kali ini. Saya sangat salut dan juga kaget ternyata memiliki teman yang cinta dengan Filipina. Kebetulan Negeri ini adalah tempat dan tujuan saya merantau dan saya positif berada di Manila saat ini. Teirma kasih atas kecintaannya akan budaya Pinoy dan juga Ibu kotanya, Manila.
    Oh ya, Foto yang Yos buat untuk tulisan ini, adalah foto yang kemungkinan besar diambil dari Gedung, Manila Executive Regency, City Land yang berada di Jalan J. Bocobo Street. Saya tinggal di gedung ini untuk satu tahun dan setiap hari melihat pemandangan kedua gedung didepan saya ini (Saya sebut mereka adalah sepasang gedung, karena lain sendiri, tegak berdiri di antara gedung-gedung kecil lainnya). Di depan kedua gedung tersebut adalah Manila Bay yang berdekatan dengan kedutaan Besar Amerika, saya suka nongkrong sore-sore di tempat ini, sambil melihat matahari tenggelam.
    Untuk film, saya sarankan Yos untuk menonton Diary ng Panget yang diperankan oleh sepasang kekasih, James Reid dan Nadine Lustre. Asik banget filmnya!
    Semoga suatu saat nanti bisa datang dan berkunjung ke Manila, Filipina ya..dan saya harap,kita bisa bertemu.
    Salam.

    Like

    1. Iya mbak, saya juga suka budaya Pinoy. Wah, baru tau kalo gedung itu deket sama tempat tinggal Mbak Ayu. Aktingnya James Reid sama Nadine Lustre emang bagus deh. Semoga impian saya ke Manila terwujud. Amin.

      Like

Leave a Reply

