Tentang Irlandia

Tentang Irlandia
Dibuat di Canva

How are ya?

Setelah membahas Filipina, Yos masih punya negara kesukaan lain. Yaitu Irlandia. Negara kecil yang hampir setiap hari hujan dan berangin kencang ini menjadi kesukaan saya karena karakteristik alamnya yang unik. Entah kenapa, saya selalu membandingkan Irlandia dengan Selandia Baru karena karakteristik wilayahnya yang mirip. Ya, sama-sama memiliki banyak padang rumput dan tentunya berangin kencang.

Kenapa aku suka Irlandia? Aku suka Irlandia karena aku suka Westlife? Westlife berasal dari Sligo, Irlandia. Boyband ini populer di kawasan Eropa dan Asia, namun tidak di Amerika. Berdiri sejak tahun 1998-2012, boyband yang beranggotakan Shane Filan, Markus Feehily, Bryan McFadden, Kian Egan, dan Nicky Byrne ini sudah beberapa kali tampil di Jakarta. Tapi sayangnya, karena jauh, waktu konsernya waktu aku masih kecil, dan belum tau siapa itu Westlife, aku nggak pernah nonton konsernya langsung.

6f398-ctc
Westlife dalam album berjudul “Coast To Coast” (via Wikipoedia)

Tahun 2004, salah satu personilnya, Bryan McFadden, keluar dari Westlife untuk bersolo karir. Akhirnya, Westlife berakhir dengan 4 personilnya, yaitu Shane, Markus, Kian, dan Nicky. Tahun 2011, Westlife meluncurkan lagu terakhirnya yang berjudul “Lighthouse” dan konser terakhirnya dilangsungkan di Croke Park, Dublin pada tahun 2012. Kini, para personil Westlife sudah pada bersolo karir. Shane, Markus, dan Kian sekarang masih menjadi penyanyi, sementara Nicky menjadi penyiar radio (rekamannya bisa didengar di sini). Nicky juga pernah mencoba peruntungan menjadi penyanyi dalam ajang Eurovision 2016, namun kalah.

giphy-facebook_s
Trust me, I’m the Irish (via Giphy)

Oke, oke…, kita beralih dari Westlife. Selain Westlife, masih banyak tokoh-tokoh lain yang berasal dari sini. Sebut saja Niall Horan, Pierce Brosnan, dan tentu saja band The Script.

Hal lain yang aku suka adalah bahasa Inggris Irlandia dan tentu saja pariwisatanya. Bahasa Inggris Irlandia terkenal dengan akhiran -ing yang dibaca menjadi -in. Misalnya, kata walking dibaca menjadi walkin’. Menurutku, ini unik. Tapi di sisi lain, terdapat banyak keanehan dalam bahasa Inggris Irlandia.

5 Tempat Wisata di Irlandia
Taman Nasional Connemara, Galway (via Connemara National Park)
28758-cliffs-of-moher-2292201_1920
Tebing Moher (via Pixabay)

Kalau soal pariwisata, wisata alam di sini lebih indah ketimbang wisata bangunannya. Sebut saja Taman Nasional Connemara di Galway, Tebing Moher di Liscannor, dan Taman Phoenix di Dublin. Setiap tempat punya keunikan masing-masing, sementara kalau wisata bangunannya, kita bisa melihat Jembatan Samuel Beckett, Jembatan Ha’Penny, Guinness Storehouse, Katedral Santo Patrick, dan masih banyak lagi.

Hal yang unik dari orang Irlandia adalah mereka bisa memprediksi cuaca hanya dengan melihat tanda-tanda yang ada dilangit. Cuaca yang hangat adalah dambaan di sini.

Dari mana aku bisa tau hal-hal di atas? Ya, apalagi kalau bukan internet. Sumber tentang Irlandia memang jumlahnya sedikit (apalagi dalam bahasa Indonesia) karena negara ini tidak sepopular negara tetangganya, Britania Raya. Jadi, aku harus cari sendiri informasinya dalam bahasa Inggris. Jadi, aku bisa sekalian belajar bahasa Inggris deh.

Apakah kalian suka Irlandia juga?

-Yos-


Tentang Dunia:

  1. Tentang Filipina
  2. Tentang Irlandia
  3. Tentang Selandia Baru
  4. Tentang Jerman
  5. Tentang Swedia
  6. Tentang Turki
Advertisements

3 thoughts on “Tentang Irlandia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s