Tentang Selandia Baru

Tentang Selandia Baru
Dibuat di Canva

Pos ketiga tentang pandanganku terhadap negara-negara di dunia kali ini tertuju kepada Selandia Baru. Negara kepulauan ini dikenal karena domba. Ya, memang banyak ditemukan karena populasi domba lebih banyak dibandingkan populasi manusia. Domba-domba ini dimanfaatkan bulunya, karena bisa menjadi bahan baku benang wol.

Chrischurch Earthquake
Reruntuhan bangunan di Chrischurch (via SBS Australia/John Stillwell/PA Wire)

Selandia Baru juga berangin dan rawan gempa bumi seperti Indonesia karena terletak dekat dengan patahan lempeng. Salah satu kota yang kerusakannya sangat besar akibat gempa bumi ini adalah Christchurch. Bahkan gempa bumi yang mengguncang tahun 2011 lalu mengakibatkan 185 orang tewas.

Oh ya, menurut salah satu temenku di sana, Cici Inly, badai musim dingin tahun ini terbawa dari Antartika, bisa kebayang dinginnya kaya gimana. Aku aja yang tinggal di Bandung, kadang suka nggak tahan kalau keluar malam. Dingin banget untuk ukuran orang Indonesia. Ya, paling dingin sih sekitar 19 derajat celcius. Kalau kena badai dari Antartika, pasti dingin banget suhunya.

Wainuiomata.png
Peta Wainuiomata (via Google Maps)

Aku pernah iseng-iseng cek harga rumah di sana, ya untuk harganya lumayan mahal. Tapi aku pernah cek salah satu rumah di Wainuiomata, Lower Hutt, kalau nggak salah ada harga rumah Rp 2 miliar dengan luas tanah sekitar 809 m2. Lumayan besar luas tanahnya. Rasanya kepengen pindah rumah ke sana. Tanah segitu kan bisa jadi kebun (walaupun aku paling males ngurusin kebun).

Bahasa yang dipakai di Selandia Baru adalah bahasa Inggris tentunya. Tapi, karena penduduk asli negara ini adalah suku Maori, maka ada akulturasi dengan bahasa Inggris. Misalnya, kata whanau yang artinya keluarga, bisa dicampur dengan bahasa Inggris dan bisa juga menggantikan kata family. Bahkan, salah satu televisi khusus bahasa Maori, Maori Television, memiliki acara bernama Whanau Movie.

Tempat wisata yang terkenal di sini adalah Sky Tower di Auckland dan Beehive di Wellington. Udah nggak sabar pengen pergi ke sana. Soalnya tempat ini indah banget.

Ada udah pernah ke sini?

-Yos-


Tentang Dunia:

  1. Tentang Filipina
  2. Tentang Irlandia
  3. Tentang Selandia Baru
  4. Tentang Jerman
  5. Tentang Swedia
  6. Tentang Turki
Advertisements

3 thoughts on “Tentang Selandia Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s