Liburan Idul Adha

Liburan Idul Adha
Dibuat di Canva

Mumpung belum telat, Yos mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha!

4
Gambar kiri: sapi yang belum dipotong, kanan: daging sapi yang belum diolah (Dokumen pribadi)

Biasanya, kalau Idul Adha, satu-satunya kegiatan di luar rumah yang aku amati adalah proses pemotongan hewan qurban. Entah itu sapi ataupun kambing. Kalau tahun ini, aku dapat daging kambing dan sapi.

Yang istimewa untuk tahun ini adalah jalan-jalan ke Gasibu! Ya, supaya nggak bosen terus di rumah juga sih. Aku memulai perjalanan menggunakan Trans Metro Bandung. Jalur yang kunaiki adalah Sarijadi-Cicaheum. Aku pergi bersama ibunda.

Suasana dalam bis cukup sepi, mungkin karena masih pada potong daging. Begitupun dengan jalanannya. Biasanya, dari Sarijadi ke Gasibu membutuhkan waktu 30 menit, tapi karena sepi, cuma butuh waktu 13 menit. Lumayan cepet itu.

3
Gambar kiri: jalur TMB Sarijadi-Cicaheum, kanan: suasana dalam bis (Dokumen pribadi)

Kami turun di seberang Lapangan Gasibu. Lapangan Gasibu ternyata lumayan luas juga. Di sini, aku mengambil banyak foto-foto. Suasananya juga cukup sepi. Oh ya, ini adalah kali pertama aku menginjakkan kaki di sini. Sebelumnya, aku hanya sering mengelilinginya saja.

Dalam masa pemerintahan walikota Pak Ridwan Kamil, lapangan ini disulap dengan desain yang modern. Lapangan ini juga kini dilengkapi dengan perpustakaan dan trek lari. Uniknya, di lapangan ini, ada larangan main bola dan naik sepeda. Waktu baca peraturan kaya gitu, aku malah heran.

1
Lapangan Gasibu yang baru punya perpustakaan, trek lari, taman, dan batu yang bertuliskan nama kota-kota di Jawa Barat (Dokumen pribadi)

Lapangan ini dikelilingi berbagai gedung pemerintahan, salah satunya Gedung Sate dan hotel. Setelah mengunjungi Gasibu, aku mencoba mengambil gambar Gedung Sate. Gedung ini merupakan pusat pemerintahan Jawa Barat. Gedung ini juga sering menjadi incaran para turis untuk berfoto.

5
Gedung Sate, ikonnya Kota Bandung (Dokumen pribadi)

Selepas mengambil gambar Gedung Sate, kami pergi ke Taman Lansia yang nggak jauh dari sana. Taman ini kurang terawat, tapi dari segi infrakstruktur, nggak mengecewakan. Karena terdapat jembatan yang berada di atas Sungai Cikapayang. Sungainya sedikit kotor dan terdapat banyak busa. Sayangnya, debit airnya sedang sedikit. Di seberang taman ini juga terdapat Taman Kandaga Puspa yang kurang terawat juga.

2
Taman Lansia (Dokumen pribadi)

Akhirnya, perjalanan berakhir. Kami pun pulang dengan menggunakan bis yang sama ke Sarijadi. Ya, aku senang bisa jalan-jalan, apalagi suasananya sepi. Jadi, dunia serasa milik sendiri.

Bagaimana liburan Idul Adha kalian?

-Yos-

Leave a Reply

