Tentang Jerman

Tentang Jerman
Dibuat di Canva

Hallo! Wie geht es Ihnen? (Halo! Apa kabar kalian?)

Salah satu negara besar di Eropa ini dikenal karena banyak hal. Mulai dari mobil, obat-obatan, musik, bahasanya, dan tentu saja para tokohnya.

Jerman juga punya biaya pendidikan yang murah dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, sehingga banyak pelajar Indonesia yang mau melanjutkan pendidikan di sini. Ada banyak contohnya, misalnya Mbak Gita Savitri, Mbak Quita, Mbak Vina Aulia, dan Mas Putera Wicaksana. Di laman YouTube mereka, ada banyak kisah tentang kehidupan pelajar di Jerman, mulai dari urusan tempat tinggal sampai kegiatan jalan-jalan.

Oh ya, kali ini aku akan bahas beberapa hal saja yang aku suka dari Jerman.

Das Auto

Jerman dikenal sebagai produsen mobil terkenal di dunia. Sebut saja Volkswagen (VW), Mercedes-Benz, Opel, BMW, dan masih banyak lagi. Nah, salah satu merek mobil yang saya suka adalah VW, karena desainnya unik dan spektakuler. Salah satunya VW Beetle atau lebih dikenal dengan VW kodok.

Die Musik

Soal musik, aku suka Yvonne Catterfeld, Mark Forster, Max Giesinger, dan Namika. Lagu-lagu mereka enak banget. Lagu bahasa Jerman pertama yang aku denger adalah Pendel yang dinyanyikan Yvonne Catterfeld.

heintje1_0
Heintje muda (via Lyrics Translate)

Oh ya, aku juga suka lagu-lagunya Heintje, yang judulnya MamaOma so lieb, Zwei kleine Sterne, dan Ich sing ein Lied für dich. Beliau memang bukan orang Jerman, tapi, kebanyakan lagunya berbahasa Jerman. Lagunya Heintje gampang didenger, karena kebanyakan lagunya pake kata-kata yang sederhana.

Die Sprache

Jerman
Bendera Jerman (via 3D Flags Plus)

Bahasa Jerman adalah salah satu bahasa yang banyak pemakainya di dunia. Bahasa ini secara khusus dipakai di Jerman, Swiss, Austria, Liechenstein, dan Belgia. Bahasa Jerman juga dikenal karena banyak kata yang tulisannya panjang. Misalnya, Unterrichtsfach yang artinya pelajaran.

Bahasa ini punya beberapa karakter khusus, yaitu abjad Ä (baca: ae), Ö (baca: oe), Ü (baca: ue), dan ß (baca: ss). Keunikan inilah yang membuat aku jatuh cinta pada bahasa Jerman. Ya, walaupun belajarnya belum kelar-kelar, tapi aku seneng banget bisa beberapa kata dalam bahasa Jerman.

Der Tourismus

Pariwisata. Hmm, Jerman punya banyak tempat yang bagus untuk dikunjungi, mulai dari Tembok Berlin, Bradenburg Tor, Elbphilharmonie Laeiszhalle, sampai Eurotower. Tempat wisata ini kebanyakan bersejarah dan unik. Terus terang, saya ingin sekali ke tempat-tempat ini.

240px-Berlinermauer
Tembok Berlin, yang sempat menjadi pemisah antara Berlin Barat dan Timur sejak tahun 1960-1989. Di akhir tahun 1989, tembok ini diruntuhkan. Namun kalian masih bisa melihat sisa-sisanya di beberapa titik, misalnya di Potsdamer Platz. (via Wikimedia Commons)
240px-Frankfurt_Eurotower.20130603
Euro Tower, Frankfurt Am Main (via Wikimedia Commons)
Elbphilharmonie_Illumination_svensson_31423763713
Elbphilharmonie, Hamburg. Tempat ini adalah salah satu gedung konser terbesar di dunia. (via Wikimedia Commons)
240px-Berlin_-_0266_-_16052015_-_Brandenburger_Tor
Bradenburg Tor, Berlin (via Wikimedia Commons)

Aku tau tentang Jerman salah satunya dari blog. Nah, ada dua orang blogger asal Indonesia yang aku ikuti perkembangannya. Mereka adalah Mbak Mariska dan Mbak Nella. Mbak Mariska ini berkuliah di Hamburg dan Mbak Nella adalah seorang ibu yang sudah punya dua anak. Mereka berbagi kisah tentang kehidupan di Jerman.

Aku ingin sekali pergi ke sini, ya apalagi kalau bukan bikin cerita baru di blog dan pos foto di Instagram. Akhir kata, kalau biasanya aku nanya, “apa pendapatmu tentang Jerman?”, mungkin sekarang aku ganti jadi, “kapan kamu bisa melihat indahnya Jerman?”

-Yos-


Tentang Dunia:

  1. Tentang Filipina
  2. Tentang Irlandia
  3. Tentang Selandia Baru
  4. Tentang Jerman
  5. Tentang Swedia
  6. Tentang Turki

 

7 thoughts on “Tentang Jerman

  1. Nama-nama penyanyi yg kamu sebut ga ada yg saya kenal hehe. Klo aku suka Xavier Naidoo, Nena, Helene Fischer, Dieter Bohlen dll. Musik artikelnya “die” bukan das Yo 😀 .
    Kepingan tembok berlin ada dijual sebagai souvenir loh, laku aja buat turis, padahal kita kan ga tahu tuh beneran tembok berlin atau bukan haha.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

